Karya Ilmiah Dosen

REPRESENTASI ORANG TUA TUNGGAL PADA IKLAN SITUS WEB PERDAGANGAN ELEKTRONIK (ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN BLIBLI.COM VERSI “BAHAGIA ITU KITA YANG BUAT”)



Penelitian ini berusaha mengungkapkan analisis semiotika iklan dari narasi iklan Blibli.com versi “Bahagia itu Kita yang Buat”. Iklan Blibli.com versi “Bahagia itu Kita yang Buat” ini diputar pada awal Mei 2019 di media televisi nasional dan juga diunggah di situs Youtube oleh Blibli.com. Dengan fokus pada representasi orang tua tunggal, dari hasil penelitian ini dipahami bahwa iklan, termasuk pada iklan Blibli.com versi “Bahagia itu Kita yang Buat” ikut menjadi bagian yang tak terpisahkan dari penciptaan nilai-nilai dalam keluarga pada kehidupan sosial. Iklan dapat menjadi bagian dari kampanye sosial sebagai bentuk dukungan terhadap kalangan minoritas yang terpinggirkan di dunia mainstraim, dan iklan Blibli.com versi “Bahagia itu Kita yang Buat” ini tak pelak turut mengkonstruksi masyarakat konsumer yang sensitif dengan nilai moral. Iklan ini dianggap tepat sasaran karena mampu menggabungkan antara unsur teknologi komunikasi dalam distribusi penjualan barang di situs website perdagangan online, juga nilai keluarga, sekaligus nilai religius yang tinggi melalui pola kehidupan alur cerita tokoh iklan yang diatur berdasarkan tema, citra dan makna simbolik yang ada di iklan tersebut. Pada akhirnya iklan ini dapat berjajar dengan iklan bertema Ramadhan 1440 H di Indonesia lainnya yang berkesan di benak penonton dan berpengaruh pada branding positif Blibli.com sendiri.

Kata kunci: periklanan, iklan ramadhan, semiotika, orang tua tunggal, blibli.com


Informasi Detil

Pengarang
Edisi
-
Tahun Terbit
Penerbit
PT. Kompas Media Nusantara
Subyek
-
ISBN/ISSN
978-623-241-544-7
Tipe Isi
Karya Ilmiah Dosen

Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya